Page translator

Perbedaan Antara MRI & CT (CAT Scans)



CAT Scans -

Cat scan adalah jenis khusus x-ray. Pasien berbaring di sofa yang dapat digeser ke dalam sebuah lingkaran besar yang terbuka. x-ray tube berputar di sekitar komputer pasien dan mengumpulkan hasil. Hasil ini diterjemahkan ke dalam gambar yang terlihat seperti sebuah "irisan" dari orang.
Kadang-kadang seorang radiolog akan memutuskan bahwa agen kontras harus digunakan. Kontras yodium berbasis agen dan diserap oleh jaringan normal. Mereka membuat lebih mudah bagi dokter untuk melihat tumor dalam jaringan otak. Ada beberapa (jarang) risiko yang terkait dengan agen kontras dan Anda harus memastikan bahwa Anda membicarakan hal ini dengan dokter sebelum tiba untuk pemeriksaan.
CT sangat baik untuk pencitraan struktur tulang. Pada kenyataannya, biasanya modus pencitraan pilihan ketika melihat telinga bagian dalam. Ini dapat dengan mudah mendeteksi tumor dalam saluran pendengaran dan dapat menunjukkan seluruh koklea pada kebanyakan pasien.



MRI

MRI adalah hewan yang sama sekali berbeda! Tidak seperti CT menggunakan magnet dan gelombang radio untuk menciptakan gambar. Tidak ada x-ray digunakan dalam scanner MRI.
Pasien terletak di sofa yang terlihat sangat mirip dengan yang digunakan untuk CT. Mereka kemudian ditempatkan dalam silinder yang sangat panjang dan diminta untuk tetap diam. Mesin akan menghasilkan banyak suara dan ujian biasanya menjalankan sekitar 30 menit.
Silinder yang Anda berbaring di sebenarnya magnet yang sangat besar. Komputer akan mengirimkan gelombang radio melalui tubuh Anda dan mengumpulkan sinyal yang dipancarkan dari atom hidrogen dalam sel Anda. Informasi ini dikumpulkan oleh sebuah antena dan dimasukkan ke dalam sebuah komputer canggih yang menghasilkan gambar. Gambar-gambar ini terlihat seperti CAT scan tapi mereka punya banyak detail yang lebih tinggi di jaringan lunak. Sayangnya, MRI tidak melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan tulang.
Salah satu keuntungan besar dari MRI adalah kemampuan untuk mengubah kontras gambar. perubahan kecil dalam gelombang radio dan medan magnet yang benar-benar dapat mengubah kontras gambar. Berbagai pengaturan kontras akan menyoroti berbagai jenis jaringan.
Keuntungan lain dari MRI adalah kemampuan untuk mengubah pesawat pencitraan tanpa memindahkan pasien. Jika anda melihat gambar ke sebelah kiri Anda akan melihat bahwa mereka terlihat sangat berbeda. Dua gambar teratas adalah apa yang kita sebut aksial gambar. Ini adalah apa yang Anda akan melihat apakah Anda memotong setengah dalam pasien dan memandang mereka dari atas. Gambar di bawah adalah gambar koronal. irisan ini pasien dari depan ke belakang. Kebanyakan mesin MRI dapat menghasilkan gambar dalam setiap bidang. CT tidak bisa melakukan ini.
Agen kontras juga digunakan pada MRI tetapi mereka tidak terbuat dari iodin. Ada sedikit didokumentasikan kasus reaksi kontras MRI dan dianggap lebih aman dari x-ray dye. Sekali lagi, Anda harus mendiskusikan agen kontras dengan dokter Anda sebelum Anda tiba untuk ujian.

Frequently asked questions Pertanyaan yang sering diajukan
Pertanyaan: Anak saya mengalami gangguan pendengaran. Mana studi yang tepat bagi dia?
Jawaban: Anda harus membicarakan hal ini dengan ahli saraf yang melihat anak Anda. CT scan yang besar untuk melihat tulang-tulang dan dapat sangat berguna dalam mendiagnosis malformasi telinga bagian dalam yang dapat memberikan kontribusi bagi tuli. MRI scan digunakan untuk melihat jaringan lunak. Hal ini mungkin cocok jika dokter Anda lesi tersangka otak. Either way, pastikan bahwa resep dokter menjawab semua pertanyaan Anda sebelum Anda meninggalkan kantor.

Pertanyaan: Apakah MRI berbahaya?
Jawaban: Tidak biasanya ..... Ada beberapa orang yang seharusnya tidak MRI. Atas dari daftar adalah orang-orang yang memiliki implan koklea atau alat pacu jantung. Orang dengan pecahan logam di mata mereka atau klip aneurisma ditanamkan dalam otak mereka juga harus menghindari pemeriksaan MRI. medan magnet yang kuat dapat menghilangkan benda logam yang ada di tubuh. Lebih buruk lagi mereka dapat ditanamkan perangkat elektronik yang berlebihan dan membuat mereka tidak berguna. Selalu memberi tahu dokter dan teknolog jika Anda memiliki perangkat medis implan sebelum Anda memasukkan magnet suite.

Pertanyaan: Apakah gambar pada halaman web Anda normal?
Jawaban: Tidak, mereka tidak. Semua pasien ini sangat sakit pada saat gambar diperoleh.

Pertanyaan: Mengapa teknolog membuat saya menghapus membuat mata saya bangun sebelum (MRI) scan?
Jawaban: Mata bayangan sering mengandung partikel logam kecil daripada yang dapat mengganggu studi. Kadang-kadang mereka dapat panas dan menyebabkan iritasi mata.

Pertanyaan: Jika saya tak sadarkan diri di ruang gawat darurat dan mereka memesan MRI, akan mereka tahu aku punya susuk?
Jawaban:   Gawat darurat dan fasilitas MRI sering mengandalkan saudara untuk memberikan informasi ini saat Anda tidak mampu berkomunikasi. Masalah muncul ketika seorang pasien datang dengan kehilangan kesadaran dan keluarga tidak hadir. Jika Anda berada dalam rumah sakit yang belum melihat Anda sebelumnya dan bagian eksternal implan Anda telah dihapus sebelum tiba di MRI mungkin ada masalah. Seperti yang Anda ketahui, CI hampir mustahil untuk melihat prosesor setelah diputuskan.
MRI adalah sangat umum untuk pasien yang hadir dengan aktivitas kejang, trauma tulang belakang, dan tidak dapat dijelaskan kehilangan kesadaran yang tidak muncul untuk menjadi stroke diinduksi. Kadang-kadang mereka mendapatkan pertama CT scan yang menunjukkan implan tapi kadang-kadang mereka tidak. Jika Anda prihatin tentang kemungkinan ini, Anda harus mengenakan tanda medis tag atau gelang.

9 comments:

Ayu Lestari Maduwu said...

CT-Scan dan MRI, lebih bagus yang mana??? dan pada pemeriksaan penunjang hidrosefalus, apakah keduanya dilakukan?? Lebih bagus yang mana yang harus dilakukan?

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

ibu saya mengalami penyakit dibagian kepala, keplanya merasa ada yang menarik seperti dijambak rambut, dia sudah melakukan CT scan tapi hasilnya normal, apa saran anda jika ibu saya melakukan MRI ???

Unknown said...

saya mengalami pusing di bagian kepala sebelah kiri, kepala saya seperti diremas dan di tusuk2 jarum dan seperti ada yang mengganjal , saya sudah melakukan EEG dan BRAIN MAPPING tapi hasil nya normal
apakah saya perlu melakukan CT scan dan MRI
jika iya metode mana yang cocok buat kondisi saya

Unknown said...

Saya pnya pnyakit nistagmus dah lama g sembuh udah EEG tp hasilnya normal??tp perlu ct scan?atau mri???

Unknown said...

artikel hasil translate, parah amat.
rapiin kata-katanya biar gak melenceng dari pemahaman

Unknown said...

Sumbernya darimana?
Translate dimana ?
Hadeuh...

Unknown said...

KLW pake susuk gmn..apa masih bisa mengunakan MRI..

Unknown said...

KLW pake susuk gmn..apa masih bisa mengunakan MRI..

Post a Comment

 
 

Blogger

Photobucket
free counters